Teknologi

iPhone 14: Spesifikasi, Rumor dan Tanggal Rilis

Sekilas

Rumor Apple iPhone 2022 akan menghilangkan notch dengan kamera yang sangat baik, disenjatai dengan chip A16, kamera belakang yang rata, dan banyak lagi.

Bocoran Fitur

  • Berukuran 6.1 dan 6.7 inci
  • Tidak ada notch
  • Kamera berbentuk pil
  • Tidak ada benjolan kamera belakang
  • Menggunakan Chip A15/A16
  • Menggunakan Qualcomm X65 modem

Rumor Iphone 14 2022

Masih ada beberapa bulan lagi sebelum model iPhone 14 2022 siap diluncurkan, tetapi karena ada beberapa pembaruan penting yang sedang dikerjakan untuk perangkat ini, kami telah mendengar desas-desus tentang mereka jauh sebelum model iPhone 13. keluar.

Ukuran iPhone berubah pada tahun 2022, dan Apple menghilangkan mini iPhone 5,4 inci karena ternyata tidak populer di kalangan pelanggan. Setelah melihat penjualan mini iPhone yang diminati pelanggan, Apple berencana untuk fokus pada ukuran iPhone yang lebih besar untuk perangkat andalannya.

Sejak 2017, iPhone dengan Face ID memiliki notch di bagian depan untuk menampung semua peralatan yang diperlukan untuk pemindaian wajah, tetapi itu akan berubah dengan peluncuran iPhone 14. Model iPhone 14 Pro 2022 diharapkan menghilangkan notch di mendukung desain baru.

Desas-desus ada di mana-mana untuk sementara waktu, tetapi sepertinya Apple akan menggunakan beberapa kombinasi guntingan lubang-lubang melingkar untuk kamera yang dipasangkan dengan guntingan berbentuk pil untuk menampung komponen Face ID utama. Sayangnya, fitur ini akan terbatas pada model Pro, dan model iPhone 14 yang lebih terjangkau akan terus memiliki notch.

Tanpa Notch dan Mesin Face ID Baru (Hanya Versi Pro)

Beberapa model iPhone 14 Pro, Apple berupaya untuk menghilangkan notch nya untuk digantikan dengan Face ID. Notch ini memang menjadi kontroversi ketika di perkenalkan pada tahun 2017 ketika launching iPhone 13.

Analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan pada Maret 2021 bahwa model iPhone 2022 tidak akan memiliki lekukan, dan sebaliknya akan mengadopsi desain gaya hole-punch yang telah populer di banyak ponsel Android.

Apple sedang mengerjakan desain yang akan menggabungkan guntingan berbentuk pil dan guntingan melingkar. Potongan melingkar kemungkinan akan menampung proyektor titik Face ID, dan potongan berbentuk pil akan mencakup kamera depan, kamera inframerah Face ID, dan komponen lainnya.

ProMotion Display

Ada rumor juga bahwa iPhone 14 yang menunjukkan bahwa keempat model iPhone 14 yang datang pada tahun 2022 akan menawarkan tampilan ProMotion dengan kecepatan refresh hingga 120Hz.

Apple kemungkinan akan membatasi teknologi ProMotion ke model iPhone 14 Pro, sebuah keputusan yang diambil oleh analis tampilan Ross Young dikaitkan dengan kurangnya ketersediaan tampilan yang diperlukan.

Young telah menjelaskan bahwa dia yakin kecepatan refresh 120Hz akan tetap menjadi fitur iPhone 14 Pro. Teknologi layar selalu aktif juga diharapkan akan diperkenalkan sebagai iPhone 14 Pro dan Pro Max yang eksklusif.

Desain Bodi

Model iPhone 14 diharapkan terlihat seperti model iPhone 13 dengan desain bermata datar yang sama. Jon Prosser mengklaim bahwa Apple akan memperkenalkan sasis yang lebih tebal tanpa tonjolan kamera belakang dan tombol volume bulat, tetapi informasinya tampaknya salah berdasarkan rumor dan kebocoran berikutnya.

Dugaan render yang menggambarkan model iPhone 14 muncul pada bulan Maret, dan render tersebut menunjukkan bahwa model iPhone 14 standar tidak akan memiliki perubahan desain, menampilkan tampilan yang sama dengan model iPhone 13. Akan ada notch bersama dengan tonjolan kamera yang sama persis di bagian belakang dengan tata letak kamera diagonal.

Tidak ada lagi iPhone 14 mini, Apple menawarkan dua iPhone 6,1 inci dan dua iPhone 6,7 inci. Seperti yang dikabarkan, tonjolan kamera sekitar lima persen lebih besar, dan kasing yang dirancang untuk model iPhone 13 tidak mungkin cocok dengan model iPhone 14 karena ukurannya yang lebih besar.

Opsi Ukuran Iphone 14

Tidak akan ada iPhone 5,4 inci pada tahun 2022 karena Apple menghilangkan keluarga “mini” karena tidak terlalu diminati pelanggan. IPhone 13 mini akan menjadi yang terakhir dari ponsel mini, dan ke depan, Apple diharapkan untuk fokus pada iPhone berukuran lebih besar.

Warna

IPhone 14 dan iPhone 14 Pro hadir dengan warna ungu, menurut rumor yang belum diverifikasi. Meskipun belum dikonfirmasi, rumor menunjukkan bahwa model iPhone 14 dan iPhone 14 Pro akan tersedia dalam warna ungu yang memiliki sentuhan unik yang mengubah nada berdasarkan kondisi pencahayaan.

Apple telah menggunakan warna yang sama untuk model iPhone dan Pro standar sebelumnya, tetapi biasanya dalam warna yang berbeda, sehingga bisa jadi apa yang kita lihat pada tahun 2022 jika rumor ungu itu benar.

iPhone 14 & 14 Max

  • Black
  • White
  • Blue
  • Red
  • Purple

iPhone 14 Pro & 14 Pro Max

  • Graphite
  • Gold
  • Silver
  • Purple

Titanium

Model iPhone 14 Apple yang akan datang juga diharapkan hadir dengan desain sasis paduan titanium kelas atas, menurut laporan investor dari JP Morgan Chase. Apple telah menggunakan titanium untuk Apple Watch, tetapi ini akan menandai pertama kalinya bahan tersebut digunakan untuk iPhone.

Titanium lebih tahan gores dan lebih kuat dari baja dan aluminium, ditambah lagi lebih tahan korosi.

Sistem Pendingin

Mulai tahun 2022, model iPhone kelas atas kemungkinan akan mengadopsi sistem termal ruang uap (Vapor chamber termal system), yang menurut Apple sedang “diuji secara agresif.” Sistem termal VC akan diperlukan untuk iPhone kelas atas karena daya komputasinya yang lebih kuat dan kecepatan koneksi 5G yang lebih cepat.

Sudah ada smartphone dari perusahaan seperti Samsung, Razer, dan LG yang menggunakan teknologi pendingin ruang uap, yang digunakan untuk menjaga perangkat tetap dingin saat sedang stres berat.

Teknologi Kamera

Semua iPhone 2022 dapat melihat peningkatan pada kamera Ultra Wide, dan model iPhone 14 Pro akan melihat peningkatan signifikan pada kamera sudut lebar dan pembaruan pada lensa telefoto. Analis Apple Ming-Chi Kuo percaya bahwa model iPhone 2022 Pro akan menampilkan kamera Wide 48 megapiksel, yang akan menjadi peningkatan besar dibandingkan kamera 12 megapiksel saat ini, dan kemampuan merekam video 8K.

Kamera 48 megapiksel pada model iPhone 14 Pro juga akan dapat mengambil bidikan 12 megapiksel, kemungkinan melalui proses yang dikenal sebagai pixel-binning. Pixel binning menggabungkan data dari beberapa piksel yang lebih kecil pada sensor gambar kamera menjadi satu “piksel super” untuk meningkatkan sensitivitas cahaya rendah.

Dengan fitur ini, model iPhone 14 Pro mungkin dapat mengambil foto 48 megapiksel penuh dalam situasi dengan pencahayaan yang baik, tetapi ketika pencahayaannya buruk, ia akan menggunakan proses pixel binning untuk foto 12 megapiksel berkualitas lebih tinggi yang memanfaatkannya. dari lensa 48 megapiksel.

Tidak ada slot kartu SIM Fisik

Model iPhone 14 dapat diluncurkan tanpa slot SIM fisik, dengan transisi Apple ke desain khusus eSIM. Apple diduga menasihati operator utama AS untuk mempersiapkan peluncuran smartphone khusus eSIM pada tahun 2022, yang menunjukkan beberapa model iPhone 14 mungkin yang pertama datang tanpa slot SIM.

Dengan iPhone 13, Apple menyediakan beberapa model tanpa nano-SIM di dalam kotak, dengan paket seluler yang dapat diaktifkan menggunakan eSIM. eSIM memungkinkan paket seluler ditambahkan ke perangkat tanpa menggunakan nano-SIM.

Fungsi eSIM tidak tersedia di semua negara, jadi iPhone yang dijual di beberapa wilayah harus terus menawarkan slot nano-SIM. Di negara-negara di mana iPhone bebas SIM tersedia, ini mungkin opsional, dengan konsumen masih dapat memilih versi dengan SIM. Ada lebih dari 60 negara yang mendukung eSIM, dengan daftar yang tersedia di situs web Apple.

Rumors iPhone Kedepan?

Smartphone semua layar pertama Apple bisa datang pada tahun 2024 dengan peluncuran iPhone 16 Pro. Perangkat ini mungkin yang pertama menampilkan ID Wajah di bawah layar dan kamera depan di bawah layar, menurut analis Apple Ming-Chi Kuo.

iPhone 2023 diharapkan memiliki fitur yang sama akan memiliki lubang ganda yang mirip dengan model iPhone 14 Pro tahun ini, kata analis tampilan Ross Young. Model 2023 akan menggunakan desain yang sama dengan potongan melingkar dan potongan berbentuk pil, dan fitur tersebut tidak akan terbatas pada model Pro.

USB-C

Apple pada tahun 2023 akan memilih port USB-C untuk iPhone daripada port Lightning, menurut Bloomberg dan analis Apple Ming-Chi Kuo. Ini akan melihat USB-C sebagai metode pengisian default melalui Lightning untuk semua model iPhone 15.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Apple akan tetap menggunakan Lightning, tetapi Uni Eropa mengeluarkan undang-undang baru yang akan memaksa Apple untuk mengadopsi USB-C pada semua perangkatnya yang dijual di Eropa. Jika undang-undang ini diberlakukan, Apple perlu mengirimkan model USB-C khusus di Eropa, atau membuat perubahan di semua perangkatnya, yang tampaknya lebih mungkin.

Under-Display Face ID

Beberapa rumor telah menyarankan bahwa Apple sedang mengerjakan cara untuk menempatkan perangkat keras untuk ID Wajah di bawah layar untuk menghilangkan takik. Awalnya diperkirakan bahwa Apple dapat mengadopsi teknologi ID Wajah di bawah layar segera setelah 2022, tetapi analis tampilan Ross Young mengatakan bahwa komponen seperti kamera inframerah tidak akan dipindahkan di bawah layar hingga 2023 atau 2024.

Foldable iPhone

Kedepannya, Apple berpotensi memperkenalkan beberapa jenis iPhone yang dapat dilipat, berdasarkan berbagai rumor dan paten yang telah diterbitkan perusahaan, serta persaingan dari perusahaan seperti Microsoft dan Samsung, yang telah mengembangkan smartphone yang dapat dilipat.

Sebuah mockup bagaimana penampilan Foldable iPhone

Menurut Bloomberg, Apple telah memulai “pekerjaan awal” pada iPhone dengan layar yang dapat dilipat, tetapi perusahaan belum berkomitmen untuk merilis perangkat yang dapat dilipat. Desas-desus menunjukkan iPhone yang dapat dilipat bisa datang paling cepat pada 2023, tetapi 2024 adalah tanggal target yang lebih mungkin.

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button