PemrogramanPendidikanPerkuliahanTeknologi

5 Chart Libraries Terbaik untuk Pengembangan Web

Menambahkan Library Chart ke antarmuka pengguna (User Interface) website membantu Anda memvisualisasikan data dengan cara yang menarik dan efektif. Tapi bagaimana caranya anda untuk menampilkan grafik tersebut tanpa menulis kode yang banyak dari awal? Caranya ternyata mudah lho! Kamu hanya perlu library JavaScript yang sudah ada tentunya banyak digunakan oleh developer lain sehingga komunitasnya aktif dan dapat dengan mudah berkonsultasi dengan mereka jika terjadi masalah.

Artikel ini akan membahas berbagai jenis library Javascript yang populer, memiliki komunitas yang baik, up-to-date, dan well-maintained, berikut adalah beberapa library Chart yang anda dapat gunakan.

1. Chart.js

chartjs.org

Chart.js adalah pustaka JavaScript sumber terbuka (Open Source) untuk membuat bagan berbasis HTML. Ini adalah salah satu pustaka visualisasi paling simpel untuk JavaScript, dan memiliki dukungan untuk bagan garis, batang, sebar, donat, pai, radar, area, dan gelembung.

Salah satu fitur uniknya adalah kemampuannya untuk menganimasikan dan menyesuaikan bagan agar sesuai dengan pengalaman yang Anda inginkan untuk antarmuka pengguna (UI). Chart.js juga cukup mudah untuk diintegrasikan. Baik Anda sedang menulis vanilla JavaScript atau menggunakan front-end stack seperti React atau Angular, yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal Chart.js sebagai package atau memanggilnya dari CDN langsung.

2. ApexChart.js

ApexCharts.js adalah pustaka JavaScript sumber terbuka (Open Source) untuk merender chart responsif ke UI Website. Penggunaan library ini cukup mudah bagi bahkan untuk pemula, terutama dengan dokumentasinya yang lengkap.

ApexCharts.js mendapatkan reputasinya karena menampilkan opsi fitur penyesuaian yang memungkinkan Anda mengubah chart Anda untuk beradaptasi dengan berbagai ukuran layar tanpa khawatir tentang responsifitas. Ini juga mendukung banyak jenis chart yang digunakan dalam visualisasi pada umumnya. Tampilan chart pada ApexChart ini juga sangat cantik dan ciamik untuk dilihat.

3. HighCharts.js

HighCharts adalah pustaka JS generik, artinya integrasi dengan semua kerangka kerja web utama sangat sederhana dan mudah. Dokumentasi yang ada padasitus web HighChart juga sangat detail. Berbasis pada teknologi SVG menjadikan HighCharts pustaka grafik modern, dan dengan itu memiliki fallback untuk browser lama, membuat kompatibilitas untuk library ini juga bagus.

Rupanya, mereka melayani lebih dari 70% perusahaan terbesar di dunia. Apakah ini akurat atau tidak, produknya lengkap, dan fiturnya sangat lengkap. Khususnya dengan perpustakaan ini, saya adalah penggemar chart yang dinamis, yang memungkinkan end-user dapat berinteraksi secara nyata dengan data.

4. amCharts

amCharts tidak perlu diragukan lagi kehandalannya dalam membuat sebuah chart yang dinamis nan cantik. amCharts menawarkan grafik dan peta geografis (Map Chart), yang memungkinkan visualisasi data tingkat lanjut.

Yang keren pada amCharts ini yaitu pada Paket Bagan Peta (Map Chart Package). Ini memungkinkan Anda untuk membuat semua jenis peta interaktif dengan hanya beberapa baris kode saja. Beberapa fitur hebat yang disediakan paket ini termasuk proyeksi peta, pergeseran koordinat, dan peta panas (heatmap). Ada banyak peta yang dibundel dan Anda juga bisa membuatnya sendiri.

amCharts menggunakan SVG untuk merender grafik yang berfungsi di semua browser modern. Ini menyediakan integrasi dengan TypeScript, Angular, React, Vue dan aplikasi JavaScript biasa.

5. Chartist.js

Hanya 10KB Tanpa Ketergantungan! (Only 10KB With No Dependencies!), slogan Chartist.js yang menandakan bahwa library ini sangat ringan!. Chartist.js menyediakan bagan responsif yang indah. Sama seperti ChartJS, Chartist.js adalah produk dari komunitas yang frustrasi dengan menggunakan library charting JavaScript dengan harga tinggi. Ini menggunakan SVG untuk membuat grafik. Itu dapat dikontrol dan dikustomisasi melalui kueri media CSS3 dan Sass. Chartist.js juga menyediakan animasi keren.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button